dqwdqwdw

0818267348

dwqdq

Bahaya Membiarkan Layar Iphone yang Rusak, Menjadi Lebih parah?

Dropped Iphone

Teknologi sudah berkembang sedemikian rupa yang membuat layar iPhone menjadi lebih kuat dari seri-seri sebelumnya. Tentu saja menjadi lebih kuat tidak berarti anti retak. 

Kerusakan pada layar iphone

Layar iPhone rusak sebenarnya adalah kerusakan yang terletak pada layar terluar (touchscreen) dari iPhone. Meski begitu, orang awam menyebut semua kerusakan yang terjadi di bagian terdepan iPhone sebagai kerusakan layar, termasuk kerusakan pada LCD iPhone.

Kerusakan layar dan LCD iPhone bisa disebabkan oleh banyak hal. Penyebab layar iPhone rusak yang paling sering adalah benturan. Benturan ini bisa terjadi ketika iPhone terjatuh atau tertekan benda keras. Layar iPhone rusak juga bisa terjadi ketika tertabrak benda keras ketika kamu berjalan. Lalu apa yang perlu dilakukan ketika layar iPhone rusak atau retak? Tentu saja jalan satu-satunya adalah dengan memperbaikinya. Perbaikan ini harus disesuaikan dengan area yang rusak seperti penggantian layar saja, penggantian LCD saja, atau penggantian keduanya.

Hal yang Memperparah Kerusakan Layar iPhone Rusak

Layar iPhone yang pada dasarnya sudah retak atau rusak lebih rentan terhadap kerusakan lebih lanjut. Kerusakan layar seperti bintik hitam misalnya. Bintik hitam kecil yang muncul di layar iPhone dapat menyebar dengan cepat karena sifat cairan pada LCD yang memang mudah menyebar jika terdapat kebocoran.

Layar iPhone yang retak rentan menyebar karena layar iPhone retak tidak memiliki resistensi yang sama seperti saat belum retak. Keretakan bersifat halus dan menyebar apabila terkena tekanan. Hal sederhana seperti menekan layar iPhone rusak dengan jari dapat menyebabkan keretakan yang lebih luas.

Pecahan dari layar dan kebocoran pada cairan dalam LCD dapat menyebar ke area di sekitarnya seperti PCB dan komponen lain. Hal ini sungguh berbahaya bagi iPhone dan juga keamanan kamu. Bayangkan saja kalau retakan iPhone melukai bagian tubuhmu atau hal berbahaya lain yang mungkin terjadi.

Penggantian Layar iPhone Rusak

Ketika layar rusak atau pecah, penggantian layar iPhone harus segera dilakukan. Layar iPhone rusak ini harus diganti dengan layar iPhone baru orisinil. Layar iPhone KW memiliki kualitas yang berbeda dari yang asli. Perbedaan ini kentara sekali terlihat dari kualitas layar dan warna yang ditampilkan.

Penggantian layar iPhone rusak harus dilakukan dengan hati-hati karena iPhone memiliki komponen-komponen kecil didalamnya. Layar touchscreen juga melekat pada frame iPhone dengan bantuan beberapa baut atau klep. Baut iPhone ini tentu saja berbeda dari baut smartphone lain. Penggantian layar iPhone rusak juga membutuhkan ketelitian ekstra. Pecahan atau retakan layar yang halus dapat tertinggal dalam body iPhone. Hal ini akan mengganggu kerja iPhone. Dengan alasan-alasan itu, penggantian layar iPhone rusak harus dilakukan oleh tenaga ahli berpengalaman.

Penggantian LCD iPhone Rusak

Ketika membuka frame iPhone, kamu akan menemukan dua lapisan layar didalamnya. Layar terluar adalah adalah layar touchscreen. Layar yang berada paling dekat dengan komponen iPhone adalah LCD. Keduanya dihubungkan ke PCB atau Printed Circuit Board. PCB ini adalah jantung dari iPhone kamu. Sambungan ke PCB ini harus dilepaskan dengan hati-hati ketika kamu ingin memisahkan LCD dari frame dan PCB iPhone. Apabila sambungan ini tertarik dan rusak, kamu jadi perlu mengganti sambungan PCB juga. Hal lebih buruk yang bisa terjadi adalah jika PCB iPhone kamu rusak juga.

LCD terletak sangat dekat dengan PCB dan komponen lain dalam iPhone. Penggantian LCD yang tidak hati-hati dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah seperti melukai PCB. Tentu saja letak LCD yang risky ini membutuhkan penanganan dari tenaga ahli berpengalaman.

Mengapa Layar iPhone Rusak Harus Segera Diservis

Banyak orang mengabaikan layar iPhone rusak jika dianggap kerusakan belum fatal. Bisa jadi garis kuning baru setipis benang, retak hanya berada pada ujung layar, atau bintik hitam baru muncul sekecil kerikil. Kerusakan ini sebenarnya tidak boleh diabaikan.
Retakan yang terlihat kecil ini bisa menyebabkan kerusakan serius jika retakan masuk kedalam iPhone dan melukai LCD atau komponen iPhone yang lain. Retakan ini juga dapat menyebar ke seluruh permukaan layar bila layar mengalami tekanan atau benturan lebih lanjut.

LCD (Liquid Crystal Display) terdiri dari cairan yang jika sudah pecah dapat terlihat seperti titik hitam di layar iPhone rusak. Kebocoran cairan ini dapat segera menyebar meski tidak adanya tekanan lebih lanjut. Hal ini didasari oleh sifat alami cairan yang memang mudah menyebar terlebih jika ada kebocoran.

Kebijakan Terbaru dari Apple Inc.

Biaya servis dan penggantian layar dan LCD iPhone memang tidak murah. Banyak orang yang mengabaikan kerusakan ini karena dianggap kerusakan belum serius sambil mengumpulkan biaya servis. Padahal kerusakan yang diabaikan ini dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

Kerusakan yang lebih parah ini tentunya membutuhkan lebih banyak biaya perbaikan. Salah-salah yang niatnya mengumpulkan biaya servis bisa berubah menjadi mengumpulkan biaya untuk membeli iPhone baru. Hal ini juga didukung dengan kebijakan baru dari Apple Inc.

Kebijakan yang dibuat tahun 2018 oleh Apple Inc adalah iPhone dengan software iOS 11.3 yang direparasi di pihak ketiga tidak lagi dapat digunakan. iPhone yang layar atau komponen lainnya diganti dengan komponen dari pihak ketiga masih bisa dipakai jika belum di-update ke iOS 11.3. Nah, kini kamu sudah paham alasan mengapa layar iPhone rusak harus segera diservis, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *